Tuesday, June 22, 2010

Maradona Cibir Wakil Eropa

Prediksi Argentina vs Yunani, Diego Maradona kembali berceplas-ceplos ria. Sosok kontroversial namun dicintai penggila sepakbola sejagat ini menyatakan hanya permainan tim-tim dari Amerika Selatan saja yang layak disaksikan pada panggung Piala Dunia di Afrika Selatan tahun ini. Pelatih Timnas Argentina itu blak-blakan mencibir raksasa Eropa seperti Italia, Inggris dan Prancis yang kembang-kempis.

Argentina vs Yunani, Maradona merasa tidak ada peserta yang tampil luar biasa di PD 2010 ini. Tetapi menyukai permainan Argentina, Brasil, Meksiko dan Cile yang sejauh ini melaju mulus sekaligus menghibur. Maradona rupanya tidak menyantumkan Portugal yang menggilas Korea Utara 7-0 semalam, plus Spanyol yang kembali ke treknya seusai mengalahkan Honduras 2-0.

Maradona tidak setuju jika Argentina menempati urutan teratas dalam daftar kandidat terkuat juara. Pria berusia 51 tahun itu lebih menjagokan Brasil, entah sebuah sikap merendah atau hendak menampatkan tekanan ke musuh utama regional negaranya tersebut.

Maradona berkata: “Kami negara-negara Amerika Selatan bermain selayaknya tim yang berlaga di Piala Dunia. Pada awalnya saya menaruh respek kepada Prancis, tapi kini terbukti mereka bermain jauh dari kata mengesankan. Italia lebih kacau lagi.”

Maradona melihat Brasil sekarang, sejak dipegang Carlos Dunga, tidak lagi mengedepankan kaidah sepakbola indah ala jogo bonito. Tetapi menurutnya, Brasil tahu benar bagaimana mengakhiri pertandingan—dengan mengantongi kemenangan. “Itulah mengapa mereka pantas difavoritkan. Sedangkan kami tidak!” sergahnya.

“Kami (peserta dari Amerika Selatan) lebih kompetitif dibanding wakil-wakil Eropa. Ekuador bahkan sudah pantas lolos ke Piala Dunia. Mereka (wakil Eropa) terlalu mudah dalam menghadapi babak kualifikasi. Mereka hanya melawan tim sekelas Kepulauan Faroe,” ketus sang legenda.

Argentina mengemas lima gol dari dua pertandingan yang telah dilakoni, sama dengan Brasil. Meski aman dengan hasil seri Maradona menginstruksikan anak-anak didiknya tampil ofensif untuk mereguk kemenangan ketiga di Grup B, Rabu (23/6) dini hari nanti. Namun ia tetap menggunakan kesempatan mengistirahatkan pemain utamanya, semisal Carlos Tevez, Gonzalo Higuain, Gabriel Heinze dan Javier Mascherano. Namun, Maradona berjanji akan menurunkan Lionel Messi agar tidak mengecewakan suporter Argentina

0 comments: